Implementasi Mentoring Al-Qur'an terhadap Bacaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Penelitiaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi mentoring al-qur'an terhadap bacaan mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta (UMS). Metode penelitiaan yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan beberapa mahasiswa UMS selaku subjek penelitian. Program mentoring al-qur'an dilakukan pada renta waktu tertentu dengan melibatkan para mentor yang ahli dalam bidang tajwid dan al-qur'an. Hasil penelitiaan membuktikan bahwa implementasi memberikan pengaruh positif terhadap pengetahuan dan kualitas bacaan al-quran mahasiswa UMS. Para mahasiswa memiliki peningkatan terhadap kemampuan membaca al-qur'an dengan tajwid yang baik, serta memperbaiki pelafalan dan pengetahuan terhadap ayat al-qur'an. Program mentoring juga memberikan dampak dalam memperkuat nilai keislaman dan keagamaan di lingkungan mahasiswa. Penelitiaan ini memberikan saran untuk meneruskan dan mengembangkan program mentoring al-qur'an sebagai usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas bacaan mahasiswa. Selain itu, penelitiaan ini juga dapat pula menjadi dasar untuk institusi pendidikan lain agar mengimplementasikan program serupa untuk memperkuat pengetahuan agama mahasiswa.