Implementasi Mentoring Al-Qur'an terhadap Bacaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta

Authors

  • Auliya Nailul Muna Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Musfiroh Nur Aslam Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Ainie Diena Khanifah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Marathu Munazjah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wanda Tri Yuliyanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi mentoring al-qur'an terhadap bacaan mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta (UMS). Metode penelitiaan yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan beberapa mahasiswa UMS selaku subjek penelitian. Program mentoring al-qur'an dilakukan pada renta waktu tertentu dengan melibatkan para mentor yang ahli dalam bidang tajwid dan al-qur'an. Hasil penelitiaan membuktikan bahwa implementasi memberikan pengaruh positif terhadap pengetahuan dan kualitas bacaan al-quran mahasiswa UMS. Para mahasiswa memiliki peningkatan terhadap kemampuan membaca al-qur'an dengan tajwid yang baik, serta memperbaiki pelafalan dan pengetahuan terhadap ayat al-qur'an. Program mentoring juga memberikan dampak dalam memperkuat nilai keislaman dan keagamaan di lingkungan mahasiswa. Penelitiaan ini memberikan saran untuk meneruskan dan mengembangkan program mentoring al-qur'an sebagai usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas bacaan mahasiswa. Selain itu, penelitiaan ini juga dapat pula menjadi dasar untuk institusi pendidikan lain agar mengimplementasikan program serupa untuk memperkuat pengetahuan agama mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Muna, A. N., Aslam, M. N., Khanifah, N. A. D., Munazjah, N. M., & Yuliyanti, W. T. (2024). Implementasi Mentoring Al-Qur’an terhadap Bacaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 32–34. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4845