https://proceedings.ums.ac.id/lppik/issue/feedProsiding Seminar Nasional dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam dan Kemuhammadiyahan2024-11-19T11:19:26+07:00Mujazin[email protected]Open Journal Systems<p>Proceeding Title: <strong>Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam dan Kemuhammadiyahan<br /></strong>Organizer: Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam, dan Kemuhammadiyahan, Universitas Muhammadiyah Surakarta<br />ISSN (Online): <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240530301116828" target="_blank" rel="noopener">3048-0272</a></p> <p>Seminar Nasional dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam dan Kemuhammadiyahan adalah sebuah acara akademik yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mempublikasikan makalah-makalah penelitian terbaru di bidang dakwah dan pendidikan. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang dakwah dan pendidikan. Menjadi forum pertukaran informasi, ide, dan temuan penelitian antara akademisi, praktisi, dan mahasiswa. Memfasilitasi penerbitan karya ilmiah melalui prosiding yang terakreditasi.</p> <p>Tema Seminar: <strong>Risalah Islam Berkemmajuan dalam Dakwah dan Pendidikan</strong><br />Tanggal Pelaksanaan: <strong>Rabu, 31 Mei 2023<br /></strong>Tempat Pelaksanaan: <strong>Daring via ZOOM</strong></p>https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4832Memperkuat Iman dan Akhlak Mulia: Peran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Lingkungan Kampus2024-11-16T15:07:35+07:00Nikky Adinda Tia[email protected]Anggita Rosiyani[email protected]Ramadhana Lailina Puspita[email protected]Sandy Nur Hasna Sasabilla[email protected]Ikha Rani Yulianti[email protected]<p>Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan memiliki peran strategis dalam memperkuat iman dan akhlak mulia mahasiswa di lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendekatan dan strategi yang efektif dalam implementasi pendidikan tersebut. Melalui studi kasus kualitatif, temuan menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek, dapat meningkatkan minat, partisipasi, dan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai agama. Selain itu, peran organisasi kemahasiswaan dan kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah yang efektif bagi mahasiswa untuk mempraktikkan dan menginternalisasi ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari. Namun, keberhasilan pendidikan ini juga bergantung pada dukungan dan fasilitasi dari seluruh elemen kampus, serta komitmen dan konsistensi dari semua pihak yang terlibat. Integrasi nilai-nilai agama dalam kurikulum dan pembelajaran di seluruh disiplin ilmu juga menjadi aspek penting untuk memberikan pemahaman yang utuh kepada mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan strategi dan metode pembelajaran yang lebih inovatif, kontekstual, dan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di perguruan tinggi.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4833Menebarkan Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Kunci Mewujudkan Kampus Islami yang Inklusif2024-11-16T15:13:31+07:00Rahma Elviana[email protected]Mareiska Nabilla Alba[email protected]Audia Dewi Arifani[email protected]Dira Sekar Paramastri[email protected]Intan Cantika Sari[email protected]<p>Di era masyarakat yang beragam dan multikultural saat ini, menciptakan lingkungan yang inklusif di institusi pendidikan menjadi sangat penting. Artikel ini mengeksplorasi pentingnya menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai kunci untuk mewujudkan kampus Islami yang inklusif. Dengan menanamkan prinsip-prinsip tersebut, universitas dapat menciptakan suasana saling pengertian, penghormatan, dan penerimaan, sekaligus tetap berpegang pada ajaran Islam. Artikel ini mengupas pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam berbagai aspek kehidupan kampus, seperti kurikulum akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan program pengabdian masyarakat. Lebih lanjut, artikel ini menyoroti peran mahasiswa, dosen, dan pihak kampus dalam secara aktif mempromosikan dan menjiwai nilai-nilai tersebut, yang pada akhirnya berkontribusi pada pembangunan komunitas kampus yang harmonis dan inklusif. Melalui contoh-contoh praktis dan studi kasus, artikel ini bertujuan untuk menginspirasi dan membimbing institusi dalam perjalanan mereka menjadi pusat pendidikan tinggi Islam yang benar-benar inklusif.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4834Implementasi Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Lingkungan Kampus: Perspektif Inklusif dan Pendidikan Multikultural2024-11-16T15:17:56+07:00Shafaun Nada Padmaningrum[email protected]Revania Kurniawati[email protected]Gias Gemilang Sari[email protected]Safrina Nur Arbiah[email protected]Nadila Nurhaliza[email protected]<p>Pemahaman dan implementasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan kampus menghadapi tantangan kompleks, termasuk pengelolaan keragamaninterpretasi, konflik antarindividu atau kelompok, serta tekanan eksternal yang dapat mempengaruhi efektivitas integrasi nilai-nilai tersebut untuk menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan mendukung pendidikan multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi nilainilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan kampus dengan fokus pada penciptaan atmosfer inklusif dan mendorong pendidikan multikultural. Dengan menerapkan metode studi pustaka dan penyebaran kuesioner, penelitian ini menggali pemahaman dan persepsi dari berbagai pemangku kepentingan di kampus, seperti mahasiswa, dosen, dan staf administrasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai tersebut memiliki potensi besar untuk memperkuat toleransi, persaudaraan, dan keadilan di lingkungan kampus, tetapi juga menghadapi tantangan kompleks dalam mengelola keragaman interpretasi dan pemahaman nilai-nilai tersebut. Strategi inklusif dan dialogis, dukungan kebijakan yang jelas, pendidikan yang terintegrasi dengan baik, serta kolaborasi antarberbagai pemangku kepentingan di kampus menjadi kunci dalam memperkuat implementasi nilai- nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta mendorong kesadaran multikultural.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4838Peran Asas-Asas Islami dalam Membentuk Etika Cara Berpakaian di Universitas untuk Semua Kalangan2024-11-18T11:23:38+07:00Al Haqqul Ala Iliyyin[email protected]Alfian Bhakti Nugroho[email protected]Ananda Ricki Faturohman[email protected]Bagas Alan Sugiartono[email protected]Imam Arif Saputra[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penting asas-asas Islam dalam membentuk etika cara berpakaian di lingkungan universitas, yang melibatkan individu dari berbagai latar belakang. Dengan mendalami ajaran-ajaran inti Islam, studi ini memaparkan signifikansi berpakaian sopan sebagai sarana untuk menjunjung integritas moral dan menciptakan lingkungan yang inklusif serta kondusif untuk belajar. Melalui analisis komprehensif terhadap teks-teks keagamaan dan interpretasi para cendekiawan, penelitian ini berupaya untuk menetapkan sebuah kerangka acuan bagi pedoman berpakaian yang etis, yang mengharmoniskan nilai-nilai Islam dengan norma-norma sosial kontemporer. Pada akhirnya, studi ini berusaha berkontribusi dalam wacana penciptaan lingkungan akademik yang saling menghormati dan berkeadilan, di mana individu dapat menuntut ilmu secara bebas sambil mematuhi prinsip-prinsip kesopanan dan saling menghormati.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4839Penerapan Nilai Islam di SD Muhammadiyah 8 Jagalan melalui Praktik Kerja Lapangan2024-11-18T12:16:28+07:00Garnisa Febriantika Chaterin Nastiti[email protected]Cindy Ayu Azhara[email protected]Anjani Dewi Maharani[email protected]Najwa Pieka Ramadhani[email protected]Racita Permatasari[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah 8 Jagalan melalui praktik kerja lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam ditanamkan kepada siswa melalui berbagai kegiatan selama praktik kerja lapangan, termasuk kegiatan keagamaan, pembinaan karakter, dan penerapan praktis ajaran Islam. Sekolah mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, memupuk pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip Islam secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menegaskan pentingnya memasukkan nilai-nilai Islam dalam pendidikan dan memberikan wawasan tentang strategi efektif untuk penerapannya.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4845Implementasi Mentoring Al-Qur'an terhadap Bacaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta2024-11-19T08:45:24+07:00Auliya Nailul Muna[email protected]Musfiroh Nur Aslam[email protected]Nur Ainie Diena Khanifah[email protected]Nur Marathu Munazjah[email protected]Wanda Tri Yuliyanti[email protected]<p>Penelitiaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi mentoring al-qur'an terhadap bacaan mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta (UMS). Metode penelitiaan yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan beberapa mahasiswa UMS selaku subjek penelitian. Program mentoring al-qur'an dilakukan pada renta waktu tertentu dengan melibatkan para mentor yang ahli dalam bidang tajwid dan al-qur'an. Hasil penelitiaan membuktikan bahwa implementasi memberikan pengaruh positif terhadap pengetahuan dan kualitas bacaan al-quran mahasiswa UMS. Para mahasiswa memiliki peningkatan terhadap kemampuan membaca al-qur'an dengan tajwid yang baik, serta memperbaiki pelafalan dan pengetahuan terhadap ayat al-qur'an. Program mentoring juga memberikan dampak dalam memperkuat nilai keislaman dan keagamaan di lingkungan mahasiswa. Penelitiaan ini memberikan saran untuk meneruskan dan mengembangkan program mentoring al-qur'an sebagai usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas bacaan mahasiswa. Selain itu, penelitiaan ini juga dapat pula menjadi dasar untuk institusi pendidikan lain agar mengimplementasikan program serupa untuk memperkuat pengetahuan agama mahasiswa.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4846Implementasi Kegiatan Baitul Arqam dalam Meningkatkan Karakter Al-Amin Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta2024-11-19T09:01:59+07:00Adelia Redyawati[email protected]Shafiyah Salsabila[email protected]Dela Rabbani Auliyaa[email protected]Rumaisa Hisan[email protected]Elika Aulia Asysyifa[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Baitul Arqam di Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap peningkatan karakter Al-Amin Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif yang dilakukan melalui studi literatur dan observasi. Isi dari penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan berfokus pada implementasi AIK sebagai pendidikan karakter melalui kegiatan Baitul Arqam. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa Baitul Arqam memberikan peran dalam peningkatan karakter keislaman mahasiswa dalam bidang aqidah, tauhid, ibadah dan akhlak. Efektivitas kegiatan Baitul Arqam tidak dapat menjadi jaminan dalam meningkatkan karakter Al-Amin mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan tergantung pada motivasi awal mahasiswa dalam mengikuti kegiatan Baitul Arqam, dimana sebagian mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut untuk memenuhi kewajiban mata kuliah AIK, sehingga ilmu yang didapatkan tidak diaplikasikan secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4847Implementasi Kegiatan Baitul Arqam dalam Meningkatkan Karakter Al-Amin Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta2024-11-19T09:09:17+07:00Adelia Redyawati[email protected]Shafiyah Salsabila[email protected]Dela Rabbani Auliyaa[email protected]Rumaisa Hisan[email protected]Elika Aulia Asysyifa[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Baitul Arqam di Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap peningkatan karakter Al-Amin Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif yang dilakukan melalui studi literatur dan observasi. Isi dari penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan berfokus pada implementasi AIK sebagai pendidikan karakter melalui kegiatan Baitul Arqam. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa Baitul Arqam memberikan peran dalam peningkatan karakter keislaman mahasiswa dalam bidang aqidah, tauhid, ibadah dan akhlak. Efektivitas kegiatan Baitul Arqam tidak dapat menjadi jaminan dalam meningkatkan karakter Al-Amin mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan tergantung pada motivasi awal mahasiswa dalam mengikuti kegiatan Baitul Arqam, dimana sebagian mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut untuk memenuhi kewajiban mata kuliah AIK, sehingga ilmu yang didapatkan tidak diaplikasikan secara maksimal dalam kehidupan sehari- hari.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4848Harmonisasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan: Implementasi Program Pendidikan Kepemimpinan Lintas Agama (PKL) dan Kehidupan Berorganisasi di Kampus untuk Semua Kalangan2024-11-19T09:15:15+07:00Farid Eka Saputra[email protected]Muhammad Farhan Musyaffa[email protected]Fajar Juni Widyanto[email protected]Reyyaldi Aprilsa Pratama[email protected]Syamaidar Daniswara Mahmudi[email protected]M. Faris Al Faruq[email protected]<p>Harmonisasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menjadi esensi dalam mengembangkan kehidupan beragama yang inklusif di lingkungan kampus. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Program Pendidikan Kepemimpinan Lintas Agama (PKL) dan kehidupan berorganisasi sebagai sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Melalui analisis kualitatif dan studi kasus, penelitian ini mengungkapkan beragam strategi yang digunakan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam konteks pendidikan dan kehidupan organisasi di kampus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKL dapat menjadi platform efektif untuk memfasilitasi dialog antaragama dan mempromosikan kerjasama lintas kepercayaan. Selain itu, kehidupan berorganisasi di kampus juga memainkan peran penting dalam memperkuat pemahaman akan pluralitas agama dan budaya. Dengan menerapkan pendekatan inklusif dan berbasis nilainilai keadilan serta toleransi, kampus dapat menjadi wahana yang memperkuat hubungan antarumat beragama. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya harmonisasi antara Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam konteks pendidikan tinggi. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup pengembangan program pendidikan yang lebih inklusif dan berorientasi pada nilai-nilai keagamaan, serta peningkatan pemahaman akan pluralisme agama di kalangan mahasiswa dan staf kampus. Kesimpulannya, integrasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui PKL dan kehidupan berorganisasi di kampus dapat menjadi landasan yang kokoh dalam membangun masyarakat kampus yang beragam dan inklusif.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4850Peran Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan terhadap Perilaku Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Surakarta2024-11-19T11:04:54+07:00Cahyo Hapsoro[email protected]Naufal Dhaniyanto[email protected]Aldipa Anogara Wardana[email protected]Dimas Eka Prasetya[email protected]Alfath Gugi Satriawan[email protected]<p>Penelitian ini membahas peran penting mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam membentuk karakter mahasiswa yang Islami. AIK menekankan iman, ketakwaan, akhlak mulia, kepribadian Islami yang utuh, komitmen terhadap cita-cita Muhammadiyah, pemahaman Islam yang relevan dengan keseharian, serta daya tahan mental dan spiritual yang kuat. Melalui pendekatan kontekstual, AIK membekali mahasiswa untuk menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menghadapi permasalahan masa kini. Singkatnya, AIK bertujuan menjadikan mahasiswa sebagai insan kamil, yaitu individu yang seimbang dan mampu memberikan kontribusi positif bagi agama, bangsa, dan negara.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4851Pengaruh Mentoring dan Prinsip Muhammadiyah terhadap Kehidupan Mahasiswa2024-11-19T11:09:15+07:00Retno Paulina[email protected]Labibah Hasna Syatiqa[email protected]Kailasyira Marietsa Zamir[email protected]Vanesya Auliya Putri Awalupi[email protected]Keysya Puspita Ladyaningtin[email protected]<p>Pendidikan tinggi membawa perubahan penting dalam hidup individu, tidak hanya dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk karier, tetapi juga dalam pertumbuhan pribadi. Peran mentoring semakin krusial, bukan hanya untuk bimbingan akademik, tetapi juga pembentukan karakter dan moral mahasiswa. Dalam konteks Muhammadiyah, yang berbasis nilainilai keagamaan Islam, mentoring memiliki dimensi yang dalam. Prinsip-prinsip Islam, seperti moralitas dan tanggung jawab sosial, menjadi landasan kuat dalam membimbing mahasiswa secara holistik. Meskipun penelitian tentang pengaruh mentoring pada mahasiswa telah dilakukan, penelitian khusus pada pengaruh mentoring berbasis prinsip-prinsip Muhammadiyah masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini mengisi celah tersebut dengan mengeksplorasi dampak mentoring Muhammadiyah pada berbagai aspek kehidupan mahasiswa. Melalui analisis literatur, penelitian ini menunjukkan bahwa mentoring Muhammadiyah berpotensi besar dalam membentuk mahasiswa secara holistik, melalui pencapaian akademik dan pengembangan karakter, moralitas, dan motivasi. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang peran mentoring dalam pendidikan Islam dan memberikan pedoman bagi lembaga pendidikan dalam merancang program mentoring yang efektif berbasis nilai-nilai keagamaan.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4853Membangun Kepribadian Islami: Jejak Kegiatan Baitul Arqam bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta2024-11-19T11:13:29+07:00Muthiara Nur Haliza[email protected]Sifra Anastasia[email protected]Elsa Putri Mistya Wardani[email protected]Finnia Fauzia Fathia[email protected]Dona Rosa Hadiyansyah[email protected]Nia Riska Puspitawati[email protected]<p>Artikel ini meneliti pengaruh kegiatan Baitul Arqam terhadap pembentukan kepribadian Islami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.Penelitian ini dilakukan melalui analisis literatur bacaan. Data menunjukkan bahwa kegiatan baitul arqam memengaruhi sikap, perilaku, dan identitas Islami siswa. Kegiatan baitul arqam juga memperkuat keterlibatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam aktivitas keagamaan, serta kegiatan ini memengaruhi pendidikan keagamaan dan pembinaan kepribadian Islami.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4854Evaluasi Implementasi Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa2024-11-19T11:19:26+07:00Silvi Prasetyo Sejati[email protected]Dinda Dwi Safitri[email protected]Septiana Retna Devi[email protected]Soviansya Anindya Prihastiwi[email protected]Reza Putri Oktavia[email protected]<p>AIK atau Al-Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan mata kuliah yang berdasarkan atas Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berperan dalam pembentukan karakter mahasiswa. Pendidikan karakter merupakan fokus utama di universitas ini, yang sudah menjadi bagian dari sejak berdirinya Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kurikulum dari Mata Kuliah AIK telah disusun dengan baik dan dikelola sesuai kebijakan. Meskipun sudah banyak pencapaian, masih ada ruang untuk peningkatan implementasi dalam metode pembelajaran dan materi AIK sendiri. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan begitu, diharapkan manajemen kurikulum AIK akan lebih terstruktur berjalan sesuai perencanaan.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/lppik/article/view/4830Front Matter2024-11-16T14:44:28+07:00M Mujazin[email protected]<p>Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.</p> <p>Alhamdulillahirrabbil'alamin, Puji syukur kepada Allah SWT. berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga Seminar Nasional 2023 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Seminar ini bertema "Risalah Islam Berkemmajuan dalam Dakwah dan Pendidikan" yang diselenggarakan dalam rangka launching Pusat Studi Dakwah dan Pendidikan LPPIK Universitas Muhammadiyah Surakarta.</p> <p>Pada seminar dipresentasikan hasil penelitian, review, yang dilakukan oleh peneliti, mahasiswa dan pendidik yang berasal dari berbagai instansi yang beragam. Hasil seminar tersebut kemudian didokumentasikan dalam prosiding ini.</p> <p>Seminar dapat terlaksana dengan sukses atas bantuan dari banyak pihak. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu terselenggaranya seminar ini.</p> <p>Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan prosiding seminar nasional ini sehingga saran dan kritik yang membangun sangat diperlukan. Semoga prosiding ini bermanfaat bagi para pembaca dan pihak yang memerlukan.</p> <p>Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.</p>2024-11-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024