Pembelajaran Kolaboratif Matematika berbasis Lesson Study di SMP: Mewujudkan Siswa Mandiri dan Bermartabat

Authors

  • S` Sutama

Abstract

Secara umum penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi kelayakan model pengelolaan pembelajaran kolaboratif matematika berbasis lesson study yang efektif mewujudkan output pembelajaran di SMP. Tujuan khusus penelitian pada artikel ini, yaitu 1) menguraikan proses pembelajaran kolaboratif matematika berbasis lesson study di SMP dan 2) mewujudkan siswa mandiri dan bermartabat melalui pembelajaran kolaboratif matematika berbasis lesson study di SMP. Jenis penelitian secara keseluruhan, penelitian dan pengembangan. Desain penelitian pada artikel ini penelitian kualitatif etnografi. Subjek penelitian, guru matematika, kepala sekolah, dan tiga kelas VII siswa dari tiga SMP Negeri Kabupaten Karanganyar. Metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, analisis kualitatif induktif model alur. Hasil penelitian: 1) Pembelajaran kolaboratif matematika berbasis lesson study, dalam paradigma “siswa aktif mengkontruksi makna–guru sebagai fasilitator”. Pola pikirnya perubahan refleksi dan aksi. Model pengelolaannya, berkelompok (setiap kelompok beranggota maksimal lima orang) heterogen dan melalui tiga tahap dengan lima ketentuan. 2) Mewujudkan siswa mandiri dan bermartabat, didasari dengan religius yang kuat, karakter inti (jujur, tanggung jawab, disiplin), karakter gaya hidup (kerja keras, mandiri, dan sederhana), karakter menghargai orang lain (berani, peduli, dan adil), dan mempunyai potensi cerdas, kreatif, inovatif, serta berjiwa wirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-18