Kontribusi Pembelajaran Kolaboratif dan Lesson Study terhadap Partisipasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Lesson study termasuk salah satu cara untuk melakukan peningkatan secara kontinu kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penulisan naskah ini yaitu: untuk menganalisis kontribusi Pembelajaran Kooperatif dan lesson studi terhadap Partisipasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini secara keseluruhan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitaif adalah suatu proses untuk menguji kausalitas dalam terhadap variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS dengan kategori sebagai aktifis dan non aktivis pada jenjangan S1. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun akademik 2020. Populasi sebesar 36.000, Sampel dalam penelitian ini 345 orang mahasiswa sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. setelah data terkumpul valid dan reliabel selanjutnya dilakukan uji asumsi yang kesemuanya normal serta terhindar dari gangguan homogenitas, multikolieritas dan heteroskedastisitas. Analisis Data menggunakan SPSS for Windows V 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Kooperatif berpengeruh terhadap Partisipasi Mahasiswa secara signifikan. 2) Lesson Study berpengaruh terhadap Partisipasi Mahasiswa secara signifikan. 3) Pembelajaran Kooperatif dan Lesson Study berpengaruh terhadap Partisipasi Mahasiswa secara simultan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tapa Sudiarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.