Membangun Kolaborasi Mahasiswa dengan Peta Konsep dari creately.com
Abstract
Tujuan artikel ini untuk mengetahui bagaimana kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan peta konsep dari Creately.com. Hal tersebut dapat dilihat dari tanggapan mahasiswa yang merupakan kesan mahasiswa terhadap media ini berupa ketertarikan, kemudahan, dan kesulitan mereka dalam proses belajar menggunakan peta konsep ini. Tanggapan berikutnya adalah fungsi, baik fungsinya dalam aktivitas belajar, dan fungsinya dalam mendukung penguasaan materi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dengan pertanyaan tertutup dan terbuka, serta melalui observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa 98,1% mahasiswa menyatakan peta konsep menarik, 92,6% menyatakan tidak membosankan, 87% menyatakan tidak mengalami kesulitan proses belajar menggunakan peta konsep, 88% mahasiswa menyatakan menjadi aktif, dan 96,3% mahasiswa menyatakan dapat menggali materi lebih dalam dan terarah. Di samping itu ada saran bahwa sebelum mahasiswa menggunakan peta konsep dari creately.com harus diawali dengan pengenalan dan cara menyusun peta konsep dengan aplikasi tersebut.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 N Nurhidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.