Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik: Membudayakan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk berupa soal AKM pada konten uncertainty and data yang valid dan layak; (2) Menguji efek potensial siswa SD dalam menyelesaikan soal AKM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu walk through untuk menguji validitas produk secara konten, konstruk, dan bahasa; penilaian oleh peserta didik untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan; dan wawancara berbasis tugas untuk menguji efek potensial kemampuan literasi numerasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini telah menghasilkan produk berupa soal AKM pada konten uncertainty and data yang valid dan layak. Valid tergambar dari hasil penilaian validator yang menyatakan bahwa soal sudah baik secara konten, konstruk, dan bahasa. Soal model AKM yang dikembangkan memiliki efek potensial positif terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Hal tersebut dilihat dari 26 dari 32 siswa yang mampu menyelesaikan soal model AKM, dengan rincian 26 siswa pada level 1 (81,25%), 20 siswa pada level 2 (62,50%), 16 siswa pada level 3 (72,50%).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Meggy Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.