Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Era Pandemi COVID-19: Literature Review
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran matematika yang dilakukan di masa pandemi COVID-19, dan mengidentifikasi hambatan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama di masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish untuk mencari literature yang komprehensif pada database yaitu Google Scholar dan Scopus dengan kata kunci “Pembelajaran Matematika” OR " COVID-19 ” AND “Sekolah Menengah Pertama”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama selama masa pandemi COVID-19 memanfaatkan teknologi informasi seperti LMS dan aplikasi /software. Metode Flipped Learning menjadi metode unggulan dalam pembelajaran online. Karena memadukan model sinkron dan asinkron dalam pembelajaran. Hambatan pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama masa Pandemi COVID-19 muncul beberapa masalah. Masalah bersumber dari guru, siswa, materi pelajaran. Infrastruktur dan jaringan internet juga bisa menjadi masalah di pembelajaran jarak jauh. Hambatan ini harus diatasi karena pembelajaran online merupakan pembelajaran di masa depan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zaki Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.