Program Mentoring Kepala Sekolah Dasar Era Merdeka Belajar

Authors

  • Endang Rahayu Mudi Hastuti

Abstract

Secara umum penelitian ini ditujukan untuk memaknai program mentoring Kepala Sekolah Dasar di dasar dengan out put kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran. Tujuan penelitian pada artikel ini, mendeskripsikan 1) pelaksanaan program mentoring kepala sekolah di sekolah dasar dan 2) mendeskripsikan proses mentoring kepala sekolah di sekolah dasar. Jenis penelitian secara keseluruhan, penelitian pengembangan. Jenis penelitian pada artikel ini kualitatif etnografi. Subjek penelitian, kepala sekolah, guru sekolah dasar, dan peserta didik semester genap 2020/2021 di Sekolah Dasar Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data, studi literatur, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data, interpretasi dan triangulasi metode. Hasil penelitian ada dua 1). Kepala sekolah di Sekolah Dasar tempat penelitian belum membuat program mentoring kepala sekolah,belum memberikan dukungan kepada guru untuk menjalankan fungsinya sebagai pengelola pembelajaran. Guru belum memilki kemampuan untuk menerjemahkan merdeka belajar dalam proses pembelajaran,dan belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh pembelajaran bermakna. 2). Proses mentoring kepala sekolah era merdeka belajar agar peserta didik mendapat kesempatan belajar yang optimal, menguasai ketrampilan dan dapat berinteraksi dengan peserta didik lain secara demokratis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-18