Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Leaflet Mengenai Anemia Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Ibu Hamil Di Desa Ngemplak
Abstract
Status kesehatan khususnya status gizi ibu hamil sangat mempengaruhi kondisi bayi yang akan dilahirkan. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ibu hamil adalah anemia. Tujuan kegiatan ini yaitu agar dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu hamil tentang anemia pada kehamilan dan penatalaksanannya. Mitra dalam penelitian ini adalah 20 ibu hamil di Desa Ngemplak, Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta penyuluhan sebanyak 20 orang ibu hamil di Desa Ngemplak, Sukoharjo. (2) Peserta terdiri dari 8 ibu hamil normal dan 12 ibu hamil dengan anemia, 8 ibu hamil normal dan 12 ibu hamil dengan anemia. (3) Dari tinjauan yang memiliki pengetahuan dengan kategori rendah sebanyak 10 orang dengan prevalensi (50%), dan kategori tinggi sebanyak 10 orang dengan prevalensi (50%). (4) Berdasarkan hasil yang didapat yang memiliki pengetahuan dengan kategori rendah sebanyak 1 orang dengan prevalensi (5%), dan kategori tinggi sebanyak 19 orang dengan prevalensi (95%). (5) Hasil akhir yang didapat melalui pre test dan post test sebesar 0,001 yaitu terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang anemia sebelum dan sesudah. Antusias peserta dapat dilihat dari jawaban pre test dan post tes yang telah diberikan sebelum dan sesudah penyuluhan melalui kuesioner. Simpulan dari kegiatan ini adalah, edukasi gizi merupakan salah satu metode penyampaian informasi yang cukup efektif dan menjangkau peserta yang banyak, dengan menggunakan media yang fleksible.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Chandra Wijaya, Siti Rahayu Septiyaningrum, Hanifia Ifada, Shelina Puput Gupita Faelani, Yusridha Ramadhani Tyasmana, Siti Halimatus Sadiyah, Febriza Kharisma Putri, Ika Nur Fitriani, Aghniya Manistagna, Wiwik Eka Puji Astuti, Defika Drajat Saputri, Dessy Noor Ramadhani, Dina Hanifa Rosilawati, Eni Purwani, Ekan Faozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.