Puzzle Game Tokoh Wayang Punakawan sebagai Media untuk Meningkatkan Pemahaman Budaya Jawa pada Anak

Authors

  • Renna Yanwastika Ariyana Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
    Indonesia
  • Rosalia Arum Kumalasanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
    Indonesia
  • Muhamad Mansyur Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
    Indonesia

Abstract

Di era globalisasi budaya bangsa dihadapkan pada dinamika perkembanagn budaya barat yang dianggap lebih popular oleh masyarakat. Kesenian wayang kulit yang merupakan salah satu bagian budaya, kini sangat jarang di pertunjukkan sehingga banyak anak-anak yang tidak mengetahunya kesenian tradisional ini. Mengangkat tokoh wayang punakawan melalui media game merupakan salah satu alternative untuk memperkenalkan budaya Jawa pada anak. Melalui tokoh pewayangan anak-anak dapat mengetahui tradisi dan budaya yang melekat pada masyarakat, khususnya kebiasaan adat masyarakat Jawa. Dalam penelitian ini, digunakan jenis game puzzle dimana model permainan yaitu memilih dan mencocokkan gambar acak agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Terdapat 3 level pada game, masing-masing level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pada tiap level yang diminkan akan diberikan teks dan narasi singkat tentang karakter tokoh wayang punakawan sebagai pengetahuan budaya Jawa pada anak. Penelitian menghasilkan sebuah aplikasi puzzle game tentang tokoh wayang punakawan sebagai media untuk meningkatkan pemahaman budaya, agar anak lebih paham tentang budaya Jawa dan lebih termotivasi untuk mengenal serta mencintai budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-09