Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Erma Susanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
    Indonesia
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
    Indonesia
  • Endang Efendi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
    Indonesia

Abstract

Proses dalam mendesain sebuah aplikasi memerlukan pemikiran yang tidak mudah. Kegiatan perancangan suatu produk aplikasi terkait dengan hasil desain yang nantinya akan digunakan oleh pengguna. Proses penciptaan ide-ide inovasi baru untuk memecahkan permasalahan pada pengembangan produk aplikasi baru pada penelitian ini diusulkan menggunakan pendekatan usercentric yang dinamakan Design Thinking. Metode Design Thinking merupakan sebuah metode desain produk perangkat lunak berbasis inovasi yang bertumpu pada pencarian solusi untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Metode pemecahan masalah yang belum terdefinisi secara jelas dilakukan dengan cara memahami kebutuhan pengguna yang akan terlibat menggunakan aplikasi, dengan cara mengumpulkan banyak ide dalam sesi brainstorming, dan melakukan pendekatan langsung melalui pembuatan prototipe dan pengujian langsung. Studi kasus penerapan metode Design Thinking ini diterapkan untuk pengembangan UI/UX (User Interface/User Experience) pada aplikasi M-Voting (Mobile Voting) untuk pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika, IST AKPRIND. Setelah melalui tahapan Design Thinking mulai dari proses Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing berhasil dikembangkan aplikasi M-Voting yang sejauh ini telah memenuhi kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-09