Perbaikan Struktur Perkerasan Jalan dengan Menggunakan Geotekstil (Studi Kasus Ruas Jalan Caruban-Ngawi Km 158+600 Sampai 160+600)
Abstract
Ruas Jalan Caruban-Ngawi mempunyai beban lalu lintas yang sangat tinggi dan padat terutama jumlah kendaraan berat yang melintas. Secara aspek geoteknik perlu diperhatikan ruas jalan pada badan jalan yang merupakan jenis tanah lunak (soft soil), sehingga banyak ditemukan permasalahan kemampuan daya dukung dan stabilitas tanah lunak seperti kuat dukung dan kuat geser yang rendah dan tidak stabil. Jika beban telah bekerja di atas timbunan badan jalan, dalam kurun waktu tertentu akan terjadi penurunan yang akan berlangsung dalam waktu lama. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan perkuatan geosintetik sehingga perlu dievaluasi penempatan/penggunaan geosintetik dan penurunan yang terjadi. Pengujian dilakukan untuk mengetahui efektivitas perbaikan Jalan Caruban–Ngawi KM 158+600 sampai dengan KM 160+600 yang menggunakan geotekstil. Dengan mengevaluasi teknik metode pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan, diawali dari data penyelidikan tanah, pengujian laboratorium, melakukan analisis perkuatan terhadap geotekstil yang digunakan, melakukan pemeriksaan mengenai penurunan, serta mengetahui besarnya settlement yang terjadi dari data yang diperoleh dengan mendasarkan data penyelidikan tanah dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Dapartemen Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur. Perbaikan di atas tanah lunak dengan perkuatan geotekstil pada ruas Jalan Caruban–Ngawi KM 158+600 sampai dengan KM 160+600 sangat efektif. Hal ini ditunjukkan dengan daya dukung tanah meningkat, kondisi jalan lebih stabil, tingkat keawetan jalan lebih lama, perawatan jalan berkurang, dan pengguna jalan lebih nyaman.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Sunarjono, Agus Riyanto, Senja Rum Harnaeni, Soegeng Harijanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.