Strategi Pemasaran Produk Roti Bolu Adenta dengan Metode Marketing Mix
Abstract
Pertumbuhan industri kuliner, khususnya roti meluas. Tidak semua usaha perusahaan yang semakin banyak, terutama yang berada di industri roti dan kuliner, mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama. Penggunaan Marketing Mix merupakan salah satu jenis strategi pemasaran yang dapat membantu dalam pemasaran produk untuk mendongkrak volume penjualan. Tujuan penelitian ini ialah guna mengkaji bagaimana Marketing Mix mempengaruhi pertumbuhan penjualan dalam rangka mengembangkan bisnis UMKM Adenta dan mengidentifikasi taktik pemasaran yang dapat mendongkrak penjualan kepada UMKM Adenta. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan wawancara, dilanjutkan dengan pengolahan data statistik. Menurut temuan penelitian, variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tempat (X4) semuanya memiliki dampak positif dan signifikan terhadap jumlah roti bolu Adenta yang dijual, dengan nilai sig F hitung < 0,05. Variabel Produk (X1) dan Tempat (X4) terpengaruh secara signifikan dan menguntungkan. Namun, tidak signifikan pada variable Harga (X2) dan Promosi (X3). Pendekatan pemasaran UMKM Adenta sudah beroperasi dalam menggenjot volume penjualan, namun belum optimal dan perlu dikaji kembali, sehingga tujuan pemasaran tidak tercapai sepenuhnya. Selain itu, tidak adanya fungsi promosi juga menghambat peningkatan volume penjualan.