Optimasi Sambungan Rotary Friction Welding (RFW) pada Aluminium 4017 dengan Variasi Bentuk Profil Sambungan
Abstract
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyambung material berbentuk silinder pejal adalah dengan pengelasan Rotary Friction Welding (RFW). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi bentuk profil sambungan terhadap sifat fisik dan mekanik hasil las RFW. Material yang digunakan adalah aluminium seri 4017 dengan variasi profil sambungan yang digunakan adalah chamfer, rata, dan penutup. Pengelasan RFW dilakukan menggunakan mesin bubut dengan kecepatan putar spindle 1170 RPM dan jarak penekanan 10 mm. Hasil pengamatan metallografi menunjukkan sambungan las tersambung dengan baik untuk semua variasi bentuk profil sambungan. Pengamatan metallografi menunjukkan strukturmikro hasil las RFW untuk semua variasi profil sambungan mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Hal tersebut disebabkan karena las RFW merupakan pengelasan solid state yang mempunyai temperatur pengelasan lebih kecil dibandingkan dengan temperatur kritis material induknya.Untuk profil sambungan chamfer struktur mikronya cenderung lebih gelap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil las RFW yang paling optimal adalah sambungan chamfer karena mempunyai sifat mekanik terbaik dan waktu pengerjaan paling singkat. Hasil pengujian tarik menunjukkan nilai kekuatan tarik sambungan las dengan profil bentuk chamfer mempunyai nilai paling tinggi yaitu 106.31 Mpa. Nilai tersebut lebih tinggi sekitar 59 % jika dibandingkan dengan bentuk profil penutup. Sedangkan hasil pengujian kekerasan menunjukkan nilai kekerasan tertinggi terdapat pada hasil las dengan bentuk profil penutup diikuti oleh profil rata, dan nilai terendah terdapat pada profil chamfer. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil las dengan variasi profil chamfer mempunyai sifat kuat dan ulet karena mempunyai kekuatan tarik tinggi, regangan tinggi dan kekerasan rendah.