Analisis Strategi Promosi Kesehatan "Operasi Plastik" di Instagram Dokter Tompi @dr_tompi
Abstract
Penelitian ini fokus pada postingan promosi kesehatan di Instagram dokter Tompi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, analisi isi digunakan untuk menelisik berbagai aktivitas pesan dan promosi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga strategi yang dilakukan yakni strategi promosi kesehatan ethos kognitif, logos afektif dan phatos konatif. Strategi promosi kesehatan yang dilakukan oleh dokter Tompi melalui Instagram didasarkan pada tiga komponen retoris, yakni ethos yang diwujudkan pada nilai kredibilitas yang dimiliki oleh diri (komunikator) dan tim klinik Beyoutiful dalam berbagai aktivitas yang berhubungan dengan kognitif (pengetahuan) seputar dunia medis. Strategi promosi kesehatan yang dilakukan oleh dokter Tompi melalui postingan Instagram digambarkan pada logos yakni penggambaran tentang proses edukasi kepada netizen dengan berbagai argumentasi logis dalam berbagai tindakan operasi kecantikan, hal ini selaras dengan pola sikap (afektif) pada setiap kronologis tindakan operasi kecantikan. Strategi promosi kesehatan berikutnya yang diterapkan ialah phatos yang mampu menyentuh rasa emosional (konatif) netizen dalam berbagai aktivitas komentar dan dialog yang menncerminkan perilaku konatif berdasarkan pada perilaku diri dan lingkungan.