Identifikasi Kenyamanan dan Kepuasan Pengunjung terhadap Ketersediaan Infrastruktur Alun-Alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta
Abstract
Alun-alun merupakan suatu bentuk penyediaan ruang terbuka publik pada perkotaan. Pada Kota Surakarta terdapat dua alun-alun yang berada pada Kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Salah satu Alun-alun adalah Alun-alun Kidul (Selatan). Syarat dasar Alun-alun sebagai ruang terbuka publik adalah mampu menciptakan kesan nyaman dengan penyediaan infrastruktur pendukung. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas kenyamanan infrastruktur Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berdasarkan informasi persepsi pengunjung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi lapangan yang diperkuat dengan studi literatur dan hasil kuisioner. Pengunjung dianggap sebagai objek dari penelitian karena mereka adalah pengguna dan memiliki posisi penting dalam proses penilaian. Berdasarkan hasil penelitian menurut persepsi pengunjung infrastruktur pada Alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mencapai tingkat kenyamanan pada kategori cukup nyaman. Namun, terdapat beberapa elemen yang perlu diperbaiki untuk menambah kenyamanan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Imma Nur Khusna, Samsudin Raidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.