Identifikasi Karakteristik Desain Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan terhadap Pembentukan Karakter Anak Peduli Lingkungan

Authors

  • Nisrina Dayita Anggoro Sasri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fadhilla Tri Nugrahaini Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Kelestarian alam dan lingkungan bergantung kepada baik dan buruknya sikap serta perilaku manusia. Oleh karena itu, pendidikan sejak dini mengenai sikap peduli lingkungan merupakan hal yang penting untuk menghasilkan generasi yang dapat memperbaiki dan menjaga bumi lebih baik lagi. Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan merupakan sekolah alam pertama yang didirikan di Indonesia. Sekolah ini memiliki metode pembelajaran yang mendukung dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Selain itu, jika dilihat dari segi desainnya, Sekolah Alam Indonesia menerapkan konsep arsitektur ekologis. Hal tersebut sangat menarik untuk diteliti, yaitu mengenai keterkaitan antara karakteristik desain dengan pembentukan karakter anak peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dokumentasi dan wawancara. Selain itu, akibat pandemi yang membuat keterbatasan untuk mewawancarai beberapa guru, sehingga data dilengkapi dengan kuisioner dan dijadikan sebagai pendukung data berupa analisa secara kuantitatif yang dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui karakteristik desain Sekolah Alam Indonesia yang turut memberikan pengaruh dalam meningkatkan pembentukan karakter anak peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-02