Identifikasi Karakteristik Desain Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan terhadap Pembentukan Karakter Anak Peduli Lingkungan
Abstract
Kelestarian alam dan lingkungan bergantung kepada baik dan buruknya sikap serta perilaku manusia. Oleh karena itu, pendidikan sejak dini mengenai sikap peduli lingkungan merupakan hal yang penting untuk menghasilkan generasi yang dapat memperbaiki dan menjaga bumi lebih baik lagi. Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan merupakan sekolah alam pertama yang didirikan di Indonesia. Sekolah ini memiliki metode pembelajaran yang mendukung dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Selain itu, jika dilihat dari segi desainnya, Sekolah Alam Indonesia menerapkan konsep arsitektur ekologis. Hal tersebut sangat menarik untuk diteliti, yaitu mengenai keterkaitan antara karakteristik desain dengan pembentukan karakter anak peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dokumentasi dan wawancara. Selain itu, akibat pandemi yang membuat keterbatasan untuk mewawancarai beberapa guru, sehingga data dilengkapi dengan kuisioner dan dijadikan sebagai pendukung data berupa analisa secara kuantitatif yang dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui karakteristik desain Sekolah Alam Indonesia yang turut memberikan pengaruh dalam meningkatkan pembentukan karakter anak peduli lingkungan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nisrina Dayita Anggoro Sasri, Fadhilla Tri Nugrahaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.