Efektifitas Penerapan Konsep Green Building pada Hotel terhadap Daya Tarik Pengunjung
Abstract
Istilah hotel hijau memberikan persepsi kepada masyarakat bahwa layanan jasa penginapan yang ditawarkan memiliki fasilitas dan pelayanan yang berbeda dengan hotel konvensional. Faktor psikologis penghuni menjadi dasar pertimbangan bagaimana suatu layanan jasa penginapan harus mampu memberikan kepuasan terhadap pengunjung agar menjadi modal awal yang baik sehingga dapat membangun citra hotel yang lebih dikenal masyarakat. Faktor psikologis bertujuan untuk membentuk persepsi melalui hubungan antara pikiran dan perilaku manusia terhadap sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan konsep green building yang dapat diterima oleh masyarakat Indonesia beserta penerapannya. Dari berbagai metode penelitian yang telah dilakukan antara lain penelitian deskriptif dan kuantitatif melalui tinjauan literatur, dan kuisioner, dapat diperoleh data-data yang valid bahwa manusia mempunyai keterkaitan terhadap lingkungan. Ada beberapa pendekatan yang diterapkan dalam konsep ini; yang pertama melalui aspek lingkungan sebagai sarana penyegaran, pendekatan kedua melalui aspek terhadap green akomodasi yang mampu memberikan kontribusi terhadap daya tarik pengunjung, dan yang terakhir merupakan pendekatan melalui aspek psikologis manusia bagaimana suatu gedung dapat mempengaruhi tingkat stress pengunjung dan interaksi sosial yang menjadikan pengunjung lebih aktif melalui kegiatan yang positif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Aji Feri Akhwan, Fadhila Tri Nugrahaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.