Evaluasi Ruang Kelas Siswa SLB Negeri Surakarta Bagian C Berdasarkan Karakteristik Anak Tunagrahita pada Jenjang Pendidikan Dasar di Tinjau dari Persepsi Pengajar
Abstract
Anak tunagrahita merupakan anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan intelektual dan mentalnya yang menyebabkan anak tunagrahita memiliki kecerdasan dibawah rata-rata dan memiliki hambatan perkembangan perilakunya. Anak tunagrahita juga membutuhkan pendidikan yang dapat menunjang dalam perkembangan diri anak. Sekolah luar biasa (SLB) Negeri Surakarta merupakan sekolah rujukan anak-anak berkebutuhan khusus yang tinggal di sekitar Kota Surakarta. Guna menciptakan pendidikan yang dapat menunjang proses pembelajaran, Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Surakarta menyediakan sarana dan prasarana sesuai standar Permendiknas No 33 tahun 2008, salah satunya ruang kelas. Dengan karakteristik anak tunagrahita yang berbeda dengan anak orang lain perlu diperhatikan terkait standar ruang dan elemen pembentuk ruang kelas. Penilitian ini bertujuan untuk meninjau ruang kelas sekolah luar biasa (SLB) Negeri Surakarta pada jenjang pendidikan dasar dengan acuan Permendiknas No 33 tahun 2008 dan berdasarkan karakteristik anak tungrahita. Pengumpulan data melalui beberapa teknik : wawancara dengan guru pengajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif kualitatif berguna untuk mengidentifikasi ruang kelas dan karakteristik anak tunagrahita di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Surakarta pada jenjang pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sarana dan prasarana untuk ruang kelas anak tunagrahita dengan acuan standar Permendiknas No 33 tahun 2008 sudah terpenuhi, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan anak tunagrahita berdasarkan karakteristiknya pengajar memiliki treatment khusus pada setiap anak supaya proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Muhamad Burhanudin Latif, Fadhilla Tri Nugrahaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.