Identifikasi dan Strategi Pengembangan Umbul Guyangan sebagai Objek Wisata di Desa Bendan Kabupaten Boyolali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan potensi dan merumuskan strategi pengembangan umbul guyangan sebagai objek daya tarik wisata di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan sample 40 orang yang berasal dari pemerintah yaitu perangkat desa, tokoh masyarakat dan pengunjung. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor internal yang menjadi kelebihan Umbul Guyangan adalah adanya daya tarik alam dan buatan, lokasi strategis dan aksesibilitas yang mudah dicapai. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi peluang adalah adanya program Desa Bendan terkait pembangunan umbul guyangan sebagai destinasi wisata, dukungan dan kesediaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata. Dari hasil analisa SWOT menunjukkan bahwa rekomendasi strategi pengembangan objek wisata Umbul Guyangan adalah dengan melakukan pengembangan wisata ke arah ekowisata, memperbaiki fasilitas dan sarana prasarana, mengembangkan atraksi dan kegiatan wisata yang dapat dilakukan membuat paket wisata, serta membentuk pengelola wisata yang melibatkan masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Aulia Ulfa Ridha, S Suharyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.