Identifikasi Ketersediaan Ruang Publik pada Stasiun Purwosari terhadap Kenyamanan Pengunjung
Abstract
Stasiun Purwosari atau sering disingkat PWS merupakan stasiun kereta api kelas I yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta dan hanya melayani KA kelas ekonomi lintas selatan dan lokal/ komuter saja. Kenyamanan penumpang atau pengunjung merupakan hal yang utama pada transportasi publik. Tak terkecuali pengguna kereta api. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengkaji keterkaitan antara ketersediaan ruang publik di Stasiun Purwosari terhadap kenyamanan pengunjungnya. Kali ini penulis akan mengkaji kenyamanan pengunjung Stasiun Purwosari menggunakan standar SNI 03-1733-2004 baik pengguna normal maupun difabel. Beberapa ruang publik yang diamati terbagi menjadi 2 zona yaitu zona keberangkatan dan zona kedatangan. Pada zona keberangkatan terdapat area drop off, hall, loket pembelian tiket, konter cek in, ruang tunggu, kamar mandi, dan mushola. Sedangkan zona kedatangan terdapat ruang tunggu, kamar mandi, warung makan, koridor menuju angkuta umum. Metode yang digunakan dalam menganalisis objek studi menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan memaparkan kondisi eksisting melakukan observasi lapangan dan analisis data. Hasil analisa Stasiun Purwosari adalah Secara umum hampir semua ruang publik pada Stasiun Purwosari nyaman. Hanya area drop off dan mushola saja yang tidak nyaman untuk pengguna difabel karena tidak tersedia ramp untuk akses difabel.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Lusi Rismiyanti, N Nurhasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.