Evaluasi Interior Kelas Sekolah Dasar dengan Kurikulum Full Day School di Surakarta
Abstract
Sekolah adalah fasilitas yang digunakan untuk proses pembelajaran. Ketidaknyamanan ruang kelas dapat memberikan efek negatif dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah interior ruang kelas. Interior ruang kelas adalah ruangan yang wadah dari objek yang dapat dirasakan secara objektif, dibatasi oleh plafon, dinding, dan lantai. Aspek arsitektural sangat diperlukan dalam merancang interior ruang kelas agar suasana di dalamnya nyaman dan menyenangkan bagi anak. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode komparatif dengan studi kasus ruang kelas sekolah dasar yang menerapkan program full day school. Dari hasil analisis telah didapatkan penerapan full day school pada jenjang sekolah dasar menyebabkan kebosanan pada diri anak yang dalam karakternya masih senang bermain. Hasil dari studi kasus ini menunjukkan bahwa interior ruang kelas sekolah dasar yang menerapkan program full day school masih banyak ruang kelas yang belum memenuhi aspek arsitektural untuk anak.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Agnie Swastika Ningrum, Samsudin Raidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.