Perancangan Co-Working di Yogyakarta dengan Pendekatan Gaya Hidup Generasi Z
Abstract
Perubahan era revolusi industru 4.0 membuat pereokonomian menjadi berbasis data dengan menggunakan jaringan internet. Dalam revolusi industry 4.0 jenis pekerjaan yang akan diminati bada bidang industry kreatif. Generasi Z menjadi kunci dalam perekonomian masa depan yang berbasis data, karena generasi Z sangat paham sejak dini tentang segala kemajuan teknologi, selain itu ketertarikan akan industry kreatif sangatlah besar. Dalam industri kreatif mereka lebih suka membuka usaha sendiri ketimbang bekerja ke perusahan. Sebagai kunci perekonimian masa depan, generasi Z tidak dibekali dengan ruang kerja yang sesuai denganmereka hingga membuat mereka hanya seperti di era sebelumnya. Sejatinya generasi Z adalah manusia sosialis, mereka sangatlah peduliakan sosial. Kebutuhan akan ruang yang membuat mereka dapat berkolaborasi di Yogyakarta sangatlah sedikit. Co-working adalah sebuah solusi ruang kerja untuk generasi Z, dimana mereka bebas menentukan jam kerja, aktivitas dan lain sebagainya. Selain di Co-working mereka dapat berkolaborasi dengan pekerja lainya. Permasalahanya Co-working di Yogyakarta juga tidaklah sesuai dengan gaya hidup generasi Z diamana Co-working dinilai sebagai konsep ruang kerja yang mengabungkan café dan ruang. Dalam merancang Co-working untuk generasi Z, digunakanlah pendekatan gaya hidup generasi Z untuk mengetahui ruang kerja yang cocok untu generasi Z di era revolusi industri 4.0. Maka dari itu dirancanglah sebuah Co-working berdasarkan gaya hidup generasi Z.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Fajar Wisnu Triwibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.