Green Open Space sebagai Fasilitas Belajar di Lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Abstract
Ruang terbuka hijau di lingkungan kampus merupakan suatu potensi ruang belajar yang menarik dan kondusif bagi civitas akademika. Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki jumlah ruang terbuka hijau yang cukup banyak, sejumlah 40% Kampus 2 UMS merupakan area hijau. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah hubungan antara manfaat ruang terbuka hijau dan proses kenyamanan belajar civitas akademik di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tahapan penelitian yang dilakukan dengan cara mengkombinasikan data primer yang telah di dapat secara langsung pada lokasi penelitian dengan data sekunder yang di dapatkan dari studi literatur. Pada penelitian ini peneliti mendapat sumber data mengenai ruang terbuka di Kampus II UMS dari narasumber yaitu mahasiswa UMS yang dapat dipercaya dan digali informasinya, sehingga peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode penelitian guna mendapatkan deskripsi yang jelas tentang data dan informasi yang dibutuhkan. Kampus II universitas muhammdiyah Surakarta memiliki sekitar 41 jenis tanaman atau vegetasi yang memiliki fungsi masing-masing. Serta dari 5 objek dalam penelitian 4 diantaranya memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi ruang terbuka hijau sebagai media belajar.