Evaluasi Fungsi Taman Kampus Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Ruang Open Space Kampus
Abstract
Taman kampus merupakan sebuah elemen penting yang berada di ranah perguruan tinggi. Adanya taman kampus sebagai ruang terbuka atau open space dapat dimanfaatkan sebagai sarana penunjang aktivitas perkuliahan. Taman Partere merupakan taman kampus yang berada pada Universitas Pendidikan Indonesia. Taman ini sering digunakan untuk merefleksikan diri, rekreasi, edukasi, serta sebagai tempat untuk berdialog antara satu individu dengan individu lain. Akan tetapi seiring berjalanya waktu, fungsi tersebut tidak diimbangi dengan adanya fasilitas dan sarana prasarana yang memadai. Hal ini sangat berpengaruh pada kualitas dan wadah aktivitas di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi fungsi taman kampus Partere sebagai open space kampus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi yang meliputi kondisi eksisting dan data wawancara pengguna taman. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan dikomparasikan dengan sumber dan data literatur yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari data komparasi data, fungsi taman kampus Partere dikategorikan sebagai open space kampus yang cukup layak. Hal ini dikarenakan adanya fasilitas dan sarana prasarana yang belum terpenuhi, sehingga membuat fungsi Taman kampus Partere belum terpenuhi secara maksimal.