Arsitektur sebagai Penyedia Ruang Ketahananan Mental Karena Stres Akademik di Lingkungan Kampus UMS
Abstract
Penyebab utama menurunnya ketahanan mental mahasiswa di lingkungan kampus adalah tekanan yang diakibatkan oleh tuntutan akademik. Oleh karena itu arsitektur adalah bidang keilmuan yang bergerak di bidang perencanaan dan perancangan bangunan dalam rangka upaya meningkatkan ketahanan mental mahasiswa guna mengurangi tingkat stres dan meningkatkan ketahanan siswa yaitu dengan menyediakan ruang ketahanan mental dengan konsep ekspresif dan rekreatif untuk meredusi tingkat stress dan menaikan taraf ketahanan mental mahasiswa. Mengetahui peran arsitektur dalam menyediakan ruang ketahanan mental mahasiswa karena stress akademik menjadi tujuan utama dari penelitian ini. Quantitative research menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan Sumber data primer dengan pengisian kuisioner oleh responden sebagai objek penelitian sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari berbagai kajian literatur terdiri dari publikasi ilmiah serta hasil penelitian sebelumnya dengan melakukan pencarian pada situs pencari Google. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arsitektur berperan dalam merancang ruang yang dapat meningkatkan ketahanan psikologis melalui pemilihan kondisi arsitektural seperti warna, konsep, dan perabot, sehingga mempengaruhi kualitas kesehatan mental pengguna melalui ruang sebagai pereduksi stres.