Peran Lanskap Sekolah bagi Kesehatan Mental Siswa
Abstract
Kebijakan pemerintah yang menuntut siswa menghadapi jadwal belajar yang padat dan tekanan ujian yang tinggi dapat berpotensi menyebabkan kelelahan mental pada siswa. Penelitian ini mendalami peran lanskap sekolah bagi kesehatan mental siswa melalui evaluasi beberapa aspek kritis, yaitu kondisi lanskap sekolah, waktu yang dihabiskan di luar sekolah, persepsi terhadap vegetasi, dan dampak lanskap terhadap tekanan belajar dan ketenangan siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi peran lanskap bagi kesehatan mental siswa dan mengetahui dampak yang ada bagi siswa terkait pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dan eksplanatif. Hasilnya menggambarkan mayoritas siswa melihat kondisi lanskap positif, sementara ada beberapa aspek memerlukan perhatian lebih. Kesimpulannya, lanskap sekolah memberikan dampak positif pada kesejahteraan siswa. Pentingnya memasukkan lanskap sekolah dalam kebijakan pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Dengan fokus pada pemahaman kesejahteraan siswa dan hubungannya dengan lingkungan fisik, penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan yang holistik dan berkelanjutan di Indonesia.