Identifikasi Potensi TK Idola sebagai Sekolah Alam di Kawasan Kampoeng Batik Laweyan

Authors

  • Siti Nur Aisyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yayi Arsandrie Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

TK Idola adalah sekolah taman kanak-kanak yang saat ini sudah berdiri di Kampung Laweyan. TK ini direncanakan untuk dikembangkan menjadi TK berbasis sekolah alam sehingga diperlukan penelitian untuk mengidentifikasi kesesuaian bangunan dan potensi di sekitar TK Idola Laweyan yang mampu menjadi penunjang pembelajaran dengan konsep sekolah alam. Salah satu potensi yang cukup signifikan adalah adanya home-industry batik yang sudah berkembang di kawasan Kampung Laweyan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluasi purna huni, observasi lapangan, interview dan mapping kawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas sekolah TK Idola saat ini cukup memenuhi standar sarana prasarana PAUD yang ada dengan beberapa potensi yang berhasil diidentifikasi untuk menunjang sekolah alam meliputi potensi sejarah, produksi batik, produksi sarana kebudayaan dan produksi kuliner dengan jarak tempuh yang bervariasi mulai dari radius 100m-500m dari TK Idola. Berdasarkan hasil temuan penelitian juga dapat disimpulkan bahwa secara visual, tampak bangunan TK Idola belum sesuai untuk fungsi sebagai sekolah alam yang membutuhkan penggunaan material alam yang aman dan nyaman bagi pengguna anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-26