Kenyamanan Visual Ruang Amfiteater pada Desain Creative Hub IPB
Abstract
Amfiteater memiliki peran penting dalam budaya dan masyarakat baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, amfiteater sering digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya serta sebagai sarana edukasi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pada perencanaan desain bangunan Creative Hub Universitas IPB Bogor, terdapat rencana untuk membangun amfiteater dalam ruangan. Amfiteater ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk pertunjukan seni dan budaya, seminar, dan pelatihan. Salah satu tantangan dalam desain amfiteater ini adalah keberadaan area titik buta, jarak pandang, dan sudut pandang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kenyamanan visual dari aspek jarak, sudut pandang, dan area titik buta guna memberikan gambaran desain agar mencapai kenyamanan visual. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan mengambil data dan mengumpulkan data berupa data pada rencana desain kemudian dianalisa dengan menggunakan formula untuk menghitung keterkaitan antara data pada rencana desain dengan data perhitungan menggunakan rumus yang menentukan kenyamanan visual yang ideal kemudian data digambarkan dengan simulasi. Hasil dari penelitian ini menemukan kenyamanan visual amfiteater yang belum tercapai.