Analisis Kenyamanan Visual pada Ruang Kelas di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari, Surakarta
Abstract
Sekolah Alam merupakan salah satu sekolah yang menerapkan dalam proses belajarnya ke arah ekplorasi anak dengan alam. Dengan pendekatan ini membuat anak menjadi lebih aktif dalam beraktivitas teutama di ruang kelas. Kenyamanan Visual pada suatu ruang tentunya sangat penting guna menambah produktivitas dan kenyamanan dalam beraktivitas di dalam ruang. Salah satunya pencahayaan di dalam ruang kelas. Penggunaan pencahayaan yang tepat dapat membantu anak dalam mengekspresikan sesuatu hal lebih maksimal. SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari merupakan salah satu sekolah alam yang populer di daerah Surakarta. Namun sepertinya dalam hal kenyamanan visual masih memiliki beberapa permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan visual di ruang kelas SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari apakah sudah sesuai dengan standart SNI 6197- 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis metode kuantitatif dengan penjelasan secara kualitatif dengan melakukan pengukuran intensitas cahaya pada ruangan. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa kenyamanan visual berpengaruh pada proses belajar bagi siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis intensitas cahaya pada ruang kelas di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari tidak tercapai karena kurang dari standart SNI 6197- 2020 yaitu kurang dari 350 lux.