Evaluasi Layout pada Ruang Laboratorium SMP Negeri 2 Karanggede

Authors

  • Guruh Hutomo Nugroho Universitas Muhamadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Samsudin Raidi Universitas Muhamadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Karanggede memiliki peran utama dalam proses pembelajaran, yang diatur oleh Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini berfokus pada pengidentifikasian laboratorium IPA di sekolah tersebut dengan mengacu pada Permendiknas No. 24 tahun 2007 dan penataan ruang yang sesuai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, bertujuan untuk mengenali ruang laboratorium IPA dan karakteristik penataan ruang di SMP Negeri 2 Karanggede. Temuan penelitian menunjukkan adanya kekurangan terkait standar ruang, elemen pembentuk ruang, dan fungsi sarana prasarana laboratorium. Meskipun sudah memenuhi Permendiknas No. 24 tahun 2007, perlu diperhatikan lebih lanjut terkait kebutuhan guru dan siswa untuk meningkatkan optimalisasi proses pembelajaran dan penelitian di laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-26