Analisis Pola Tata Ruang Aldercy Primary School dengan Pendekatan Behavior Anak
Abstract
Sekolah sebagai tempat mencari ilmu harus mampu melaksanakan proses belajarnya dengan baik dan dapat mendorong perkembangan kreativitas siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Berbicara tentang sekolah, Aldercy Primary School adalah Sekolah Dasar dengan luas ±658 m2 dan berlokasi pada Jagalan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mennganalisa pola tatanan ruang pada Aldercy Primary School berdasarkan pendekatan behavior anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu metode deskriptif-kualitaitf, dimana hasil yang ditampilkan nanti berupa narasi. Metode ini didukung dengan, studi kepustakaan, pendekatan analisis spasial, dan dokumentasi. Dari metode, didapatkan hasil yaitu ruangan yang sering digunakan oleh anak-anak Sekolah Dasar meliputi: Ruang kelas, Perpustakaan, dan Toilet. Untuk perilaku, anak pada jenjang Sekolah Dasar memiliki keragaman perilaku diantaranya: kreativitas;keinginan untuk belajar;rasa ingin tahu yang tinggi;aktif;daya konsentrasi yang pendek. Dari hasil, didapatkan kesimpulan, Berdasarkan pendekatan behavior anak, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis pada ruangan sebagai berikut: Tata letak meja dan bangku belajar di ruang kelas perlu diperhatikan ulang, karena terlalu berdekatan dan dapat membatasi pergerakan siswa yang aktif;Sirkulasi dan pola tata ruang perpustakaan tergolong baik namun, diperlukan penyesuaian pada penempatan kursi dan meja baca agar memberikan kenyamanan; Harmonisasi ukuran toilet putra dan putri perlu dipertimbangkan untuk memberikan kesan kesetaraan.