Evaluasi Lanskap Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo berdasarkan Konsep Islam
Abstract
Pada institusi pendidikan, taman dan lanskap merupakan fasilitas pendukung bagi penggunanya sebagai fasilitas pendukung pembelajaran. Demikian pula lanscape dan taman yang ada pada Sekolah Menengah Al-Firdaus Sukoharjo ini, lanskap dan taman pada sekolah ini ditujukan sebagai fasilitas pendukung untuk murid-muridnya untuk sekadar berkumpul bersama, berdiskusi, dan mengemukakan pikiran. Sekolah Menengah Al Firdaus merupakan sekolah Islam yang berada di Jalan Al-Kautsar, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Sebagai sekolah Islam, sudah pasti harus menerapkan konsep-konsep Islam di dalamnya, termasuk pada lanskapnya. Penataan dan konsep taman juga telah disebutkan dalam Al Qur’an dan Hadits. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi elemen lanskap yang ada pada Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo serta mengetahui apakah lanskap sekolah ini telah menerapkan dan menggambarkan konsep-konsep taman surga seperti pada Al Qur’an dan Hadits. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, yakni pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara dengan pengguna sekolah. Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa elemen lanskap sebagai penerapan taman Islam belum terpenuhi. Elemen-elemen yang harusnya ada juga belum tersedia pada sekolah ini.