Evaluasi Kenyamanan Ruang Tunggu Terminal Bus Pilangsari Sragen berdasarkan Kajian Fungsi dan Ketersediaan Fasilitas

Authors

  • Hafiz Zaki Hariyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • I Indrawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Kurang memadainya fasilitas-fasilitas yang ada di Terminal Pilangsari Sragen menyebabkan terhambatnya kelancaran aktivitas pengunjung disana. Salah satu penyebabnya adalah fasilitas ruang tunggu penumpang yang tidak memadai dan tidak nyaman. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui evaluasi seperti kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ruang tunggu Terminal Pilangsari Sragen, serta memberikan aspirasi untuk mengembangkan objek terpilih menjadi lebih nyaman, aman, serta terstruktur secara visual dengan rapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terminal bus Pilangsari sudah termasuk terminal tipe B, tetapi secara kelengkapan fasilitas masih kurang, khususnya pada ruang tunggu. Maka dari itu adanya penelitian ini adalah agar dapat mengembangkan ruang tunggu Terminal Pilangsari menjadi lebih baik kedepannya dan menjadikan ruang tunggu Terminal yang nyaman dan aman dengan menambahkan fasilitas-fasilitas penunjang ruang tunggu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-26