Analisis Pilihan Warna Interior Ruang Belajar Anak berdasar Metode Montessori (Studi Kasus: PAUD Islam Makarima Singopuran)
Abstract
Pada masa prasekolah, anak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat dari segi fisik, kognitif, emosi dan sosial. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai lembaga pendidikan formal dimana faktor yang berperan dalam menunjang perkembangan anak PAUD antara lain kualitas guru, program kegiatan, dan lingkungan fisik. Agar program kegiatan dapat berjalan dengan baik, perlu didukung ruang belajar sebagai bagian dari lingkungan fisik yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak, menggunakan metode Montessori yang sangat selektif dan menata setiap bentuk secara arsitektural, seperti dekorasi, furnitur, dan warna. Warna dapat berperan dalam mendukung kondisi interior ruang belajar yang menunjang program kegiatan belajar sesuai kebutuhan anak agar perkembangan mereka dapat optimal. Melalui metode penulisan deskriptif, penulis mencoba mengungkap dalam penyajiannya pilihan warna mana yang efektif untuk perkembangan dan kreativitas anak di ruang belajar berdasar Metode Montessori pada studi kasus PAUD Islam Makarima Singopuran.