Penentuan Blacksite dan Blackspot pada Ruas Jalan Jogja Solo dengan Metode Batas Kontrol Atas (BKA) dan Metode Upper Control Limit (UCL)
Abstract
Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian terbesar ketujuh di dunia (WHO, 2015). Meningkatnya jumlah pergerakan baik orang dan barang mengakibatkan semakin bertambahnya volume lalu lintas. Faktor keselamatan menjadi hal yang penting, namun pada beberapa ruas jalan justru jumlah kecelakaan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini juga terjadi pada ruas Jalan Jogja-Solo KM.17+300 – KM. 49+ 800 yang merupakan jalan nasional. Penelitian ini bermaksud untuk menentukan daerah rawan kecelakaan (Blacksite dan Blackspot) pada ruas Jalan Jogja-Solo KM.17+300 – KM. 49+ 800. Data diperoleh dari Sarlantas Polres Klaten berupa data kecelakaan lalu lintas dari tahun 2015- tahun 2017. Metode yang digunakan adalah metode Batas Kontrol Atas (BKA) dan Metode Upper Control Limit (UCL). Berdasarkan metode BKA terdapat 8 lokasi Blacksite dan berdasarkan metode UCL diperoleh 11 lokasi Blacksite (8 lokasi sama dengan metode BKA). Masing-masing lokasi Blacksite kemudian ditentukan lokasi Blackspotnya dan dapat diketahui jumlah serta tipe kecelakaan yang dominan pada masing-masing lokasi Blackspot.