Pemanfaatan Aspal Porous dengan Aditif Karet Ditinjau dari Aspek Stabilitas, Ketidakrataan, dan Skid Resistance (Studi Kasus: Gradasi Jepang)
Abstract
Aspal Porous menjadi inovasi dalam perkerasan jalan karena sifatnya yang dapat menyerap air dan mengalirkan ke lapisan dibawahnya. Aspal Porous memiliki kemampuan memikul beban kendaraan yang rendah, ketidakrataan jalan yang baik, dan tahanan gelincir yang efektif untuk kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai stabilitas, ketidakrataan, dan skid resistance dari campuran aspal porous gradasi Jepang dengan aditif karet. Penelitian ini menggunakan data primer berupa pengujian analisa saringan dan berat jenis aspal aditif, serta data sekunder yang diperoleh dari PT. Selo Progo Sakti. Kemudian dilakukan mix design dan mencari Kadar Aspal Optimum (KAO). Setelah itu, dilakukan pembuatan benda uji berdasarkan KAO untuk mencari nilai Kadar Serbuk Optimum (KSO). Kemudian, dilakukan pembuatan benda uji berdasarkan KSO untuk pengujian stabilitas, ketidakrataan, dan skid resistance. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai stabilitas pada berat Kadar Serbuk Optimum (KSO) sebesar 1615,61 kg berarti perkerasan memenuhi spesifikasi >500 kg, nilai ketidakrataan pada KSO sebesar 3,427 m/km yang berarti perkerasan masuk dalam kategori kondisi jalan baik. Nilai skid resistance pada KSO diperoleh 91,688 BPN. Hasil ini menunjukkan bahwa pemanfaatan aspal porous dengan aditif karet terhadap stabilitas, ketidakrataan, dan skid resistance dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pada perkerasan jalan.