Analisa Nilai Kepadatan Tanah Dasar (Subgrade) dengan Pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Pekerjaan Akses Jalan Bandara Internasional Dhoho Kediri

Authors

  • Melinia Friska Desi Afrida Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Senja Rum Harnaeni Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Dalam merencanakan suatu jalan, kekuatan tanah dasar merupakan faktor penting dalam pembangunan jalan. Karena daya dukung tanah dasar akan sangat berpengaruh terhadap tebal perkerasan. Kekuatan tanah atau daya dukung tanah dapat diketahui dengan mencari nilai California Bearing Ratio (CBR). Tanah dasar sebagai lapisan subgrade harus dapat menahan beban lalu lintas dengan berbagai kondisi kelas jalan. menurut standar spesifikasi Bina Marga untuk lapisan tanah dasar atau subgrade dianggap baik sebagai fondasi jalan apabila nilai CBR >6%. Pada pekerjaan jalan di proyek ini untuk mencari nilai California Bearing Ratio (CBR) tanah dasar dengan pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Standar pengujian DCP ini mengacu kepada ASTM D6951/D6951M - 09 (2015). Manfaat dari pengujian DCP ini untuk mengetahui nilai daya dukung tanah yang berupa nilai CBR dengan batas minimal 6%. Pada akses jalan bandara dibagi menjadi 7 fase dan di setiap fase memiliki nilai CBR>6%. Untuk access road fase 1 jalur A STA 0+450 – 1+000 memiliki nilai rata-rata nilai CBR 26,934%. Untuk access road fase 1 jalur B STA 0+450 – 1+000 memiliki rata-rata nilai CBR 30,814%. Metode dalam penelitian ini adalah studi interview, studi literatur dan pengujian langsung di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-15