Analisa Sifat Fisis dan Sifat Mekanis Tanah Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo Desa Tanggulangin Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri
Abstract
Tanah memiliki peranan penting dalam pekerjaan konstruksi, tanah adalah penopang konstruksi pondasi. Jalan raya adalah prasarana penghubung antar lokasi yang dibuat untuk menunjang aktivitas manusia. Di Wonogiri pertambahan jumlah penduduk menjadikan peran jalan raya menjadi penting, diharapkan tingkat pelayanan jalan raya maksimal. Struktur dasar jalan raya adalah lapisan subgrade, dan karena banyak kerusakan jalan seperti keretakan, patah, jalan bergelombang dan jalan berlubang, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sifat fisis dan sifat mekanis tanah dasar struktur jalan raya. Dalam penelitian didapatkan nilai kadar air 6,65%, berat jenis 2,609, batas cair (LL) 45,80%, batas plastis (PL) 18,94%, batas susut (SL) 7,11%, indeks plastisitas (PI) 26,86%, indeks kelompok 12,52 dan lolos saringan no.200 sebesar 58,00%. Pengujian mekanis diperoleh nilai standard proctor γdmax 1,300 gr/cm3,ωopt 23,00%. Pengujian kuat geser kohesi tanah (c) 0,120 kg/cm2 dan nilai sudut geser dalam (θ) 23,57°. Uji konsolidasi tanah didapat nilai Cv 0,000842cm2/dt, Cc sebesar 0,14563, dan Sc sebesar 0,026256 cm. Kuat tekan bebas nilai qu 52,2 kN/m2, dan Cu 26,1 kN/m2. Hasil CBR soaked 3,179% dan CBR unsoaked 5,059%. Nilai CBR < 5% dan perlu dilakukan stabilisasi tanah, karena bobot kendaraan yang melalui jalan tersebut berat, sehingga tanah kurang baik digunakan untuk subgrade jalan raya.