Inovasi Pembelajaran sebagai Strategi Peningkatan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Project Based Learning di Era Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pendekatan project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada matapelajaran matematika. 2) mendeskripsikan project based learning dapat menjadi inovasi dalam pembelaran di era pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penelitian lapangan yang menggunakan metode wawancara dan observasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 101999 Silinda di semester genap 2021/2022. Model PTK yang digunakan yaitu model spiral dari Kemmis dan MC Taggart, dengan prosedur penelitian yang terdiri dari 2 siklus dengan 3 tahapan yaituu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Hasil penelitian untuk menunjukkan bahwa adanya inovasi pembelajaran guna melihat peningkatan krativitas siswa dengan menggunakan pendekatan project based learning ditunjukkan pada tahap prasiklus terdapat 6 siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan persentase sebesar 24% dari 25 siswa, pada siklus I terdapat 10 siswa memiliki kriteria kreativitas tinggi dengan persentase 40% dari 25 siswa, dan pada siklus II terdapat 18 siswa memiliki kreativitas tinggi dengan persentase 72% dari 25 siswa. Peningkatan kreativitas belajar siswa disebabkan karena pemberian tindakan berupa pembelajaran yang didesain dengan menggunakan pendekatan project based learning.