Diklat Online Guru IPA SMP untuk Mengimplementasikan Pembelajaran Inkuiri di Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Asep Agus Sulaeman Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
    Indonesia

Abstract

Tantangan guru IPA di masa Pandemik Covid-19 adalah melaksanakan pembelajaran secara melalui investigasi ilmiah secara online/jarak jauh melalui investigasi ilmiah. Saat ini telah dikembangkan diklat online yang melatihkan kemampuan guru IPA dalam mengembangkan pembelajaran berbasis inkuiri secara online. Tujuan kajian ini adalah mengidentifikasi pengusasaan konsep guru peserta diklat, kemampuan menyusun pembelajaran oline berbasis inkuiri serta penilaiannya, serta respons guru terhadap pelaksanaan diklat. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah pretest, postes, penilaian perangkat pembelajaran, penilaian perangkat penilaian, dan kuesioner pelaksanaan program. Data penguasaan konsep dirperoleh berdasarkan hasil pretes dan postes diuji t dengan taraf signifikasi α=5%. Adapun data kemampuan guru menyusun pembelajaran oline berbasis inkuiri serta penilaiannya, serta respons guru dianalisis secara deskriptif. Hasil kajian meunjukkan terdapat peningkatan penguasaan pengetahuan guru IPA dengan rata-rata nilai postes 81. Kemampuan guru dalam mengembangkan perencanakan pembelajaran inkuiri pada katagori baik beserta penilaiannya pada katagori baik. Guru memberikan respons sangat baik terhadap pelaksanaan program diklat. Dalam rangka mengoptimalkan kemampuan guru menyusun pembelajaran online berbasis inkuiri dan penilaiannya diperlukan durasi pembimbingan lebih panjang dan intensif oleh fasilitator diklat pada saat guru melakukan simulasi pembelajaran inkuiri dan pengembangan perangkat pembelajan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15