Perkembangan Tren Penelitian Komitmen Afektif Pada Guru: Sebuah Analisis Bibliometri

Authors

  • Firda Nurfaida Universitas Negeri Jakarta
    Indonesia
  • Neti Karnati Universitas Negeri Jakarta
    Indonesia

Abstract

Komitmen afektif pada guru merupakan aspek penting dalam menentukan keberhasilan reformasi pendidikan dan efektivitas sekolah karena guru yang memiliki komitmen afektif yang tinggi akan bersedia memberikan usaha yang maksimal dan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mencapai visi dan tujuan sekolah. Penelitian komitmen afektif telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa penelitian dengan berbagai latar belakang permasalahan terkait kompleksitas dan dinamika dalam komitmen afektif telah diteliti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi literatur terkait komitmen afektif dan untuk mengetahui perkembangan tren penelitian terkait komitmen afektif khususnya dalam bidang pendidikan yang dapat dijadikan sebagai pedoman peluang penelitian di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis bibliometrik berbasis database scopus. Berbagai metode telah digunakan, seperti analisis frekuensi, VOSviewer untuk visualisasi data, kutipan dan analisis metrik. Berdasarkan judul, abstrak, dan kata kunci, penelitian ini berhasil memperoleh 4.266 artikel terkait komitmen afektif. Berdasarkan hasil pemetaan diperoleh 297 artikel komitmen afektif dalam pendidikan dan 83 artikel komitmen afektif guru. Berdasarkan salah satu temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa komitmen afektif di kalangan guru masih belum banyak diteliti oleh para peneliti lainnya. Dengan demikian, penelitian terkait komitmen afektif khususnya pada guru dapat menjadi peluang bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terkait perkembangan tren tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15