Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz
Abstract
Revolusi industri 4.0 menjadi sebuah fenomena yang dianggap memberikan dampak diberbagai lini, tak terkecuali pada pendidikan di Indonesia. Adanya fenomena tersebut memberi penekanan pada suatu proses pembelajaran untuk lebih kreatif dan inovatif agar terwujud tujuan pembelajaran dengan lebih maksimal. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya ialah penggunaan media pembelajaran yang monoton dan tidak mendorong siswa untuk lebih aktif, sehingga siswa tidak terlibat seutuhnya dalam pembelajaran dan hasil belajar tidak terjadi peningkatan. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 yang memberikan corak baru pada pelaksanaan pembelajaran yang harus di jalankan tanpa tatap muka secara langsung (daring) menjadikan perlunya media pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar sehingga tercipta hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 melalui pembelajaran interaktif berbasis Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental, dengan populasi siswa kelas X IPA MAN 1 Surakarta yang berjumlah 6 kelas, Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling (purposive sampling) dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz melalui pembelajaran interaktif efektif terhadap hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain Score sebesar 0,624 yang dikategorikan menjadi efektivitas sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 efektif melalui pembelajaran interaktif berbasis Quizizz.