Identifikasi Kualitas Technological Pedagogical Knowledge (TPK) pada RPP Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawit Semester Genap Ta 2018/2019
Abstract
Guru merupakan tenaga pendidik profesional yang memiliki peran penting dan berpengaruh dalam menentukan keberhasilan pembelajaran peserta didik. Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat menuntut guru tidak hanya menguasaimateri pembelajaran saja, namun guru juga harus dapat menguasai serta menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran,sehingga dapat mempermudah penyampaian materi guru ke peserta didik. TPK (Technological Pedagogical Knowledge) merupakan pengetahuan tentang bagaimana mengintegrasikan penggunaan teknologi dan pedagogik dalam pengajaran dengancara yang berbeda sehingga memudahkan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas TPK pada RPP guru IPA kelas VII SMP Negeri se- Kecamatan Sawit semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian iniadalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guruIPA kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Sawit. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan mengambil satu RPP dari masing-masing guru disetiap sekolah.Berdasarkan olah data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa komponen TPK pada RPP guru IPA kelas VII di SMP Negeri se-Kecamatan Sawit termasuk dalam kategori TB (tidak baik) dengan persentase 19,44%. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa komponen TPK pada RPP gutu IPA kelas VII SMP se-kecamatan Sawit masih kurang baik. Oleh karena itu, diperlukan solusi berupa kegiatan pelatihan atau workshop untuk mengenalkan penggunaan teknologi digital pada guruguru sekolah menengah agar dapat membantu meningkatkan kualitas RPP dan pembelajarannya.