Pengaruh Pembelajaran Blended Learning pada Praktikum Ekologi Hewan terhadap Nilai Praktikum Mahasiswa
Abstract
Pembelajaran merupakan proses belajar dan mengajar. Pembelajaran dilakukan dua arah dari mahasiswa dan dosen. Selama pandemik covid pembelajaran berlaku sistem daring, kemudian seiring waktu pembelajaran dikembangkan dalam model blended leraning. Model pembelajaran Blended Learning merupakan model pembelajaran yang inovatif yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di masa pandemi. Model Blanded Learning juga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blanded Learning terhadap nilai praktikum mahasiswa pada praktikum ekologi hewan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes kemampuan praktikum, observasi keaktifan mahasiswa, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data lembar observasi dan teknik analisis data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil rata-rata nilai praktikum mahasiswa yaitu sebelumnya (pembelajaran daring) yaitu 82,25 dan sesudah dilakukannya pembelajaran dengan Blended Learning yaitu 88,74.