Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Se-Kecamatan Sragen pada Penyusunan RPP Semester Genap T.A 2019/2020

Authors

  • Putri Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alanindra Saputra Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yanti Setyowati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Annisa Cahyaning Pamasti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Deasy Farisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru IPA se-kecamatan Sragen pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) semester genap T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru IPA kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri se-kecamatan Sragen. Sampel penelitian ini adalah 5 orang guru IPA kelas VII, 5 orang guru IPA kelas VIII, dan 5 orang guru IPA kelas IX dengan masing-masing guru diambil 3 dokumen RPP. Aspek yang diteliti yaitu Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Pedagogical Content Knowledge (PCK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar identifikasi CK, PK, dan PCK. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) rata-rata CK masuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 76,249; (2) rata-rata PK masuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata persentase 68,207; serta rata-rata PCK masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 89,61.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15