Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPA di MTs Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Yunita Dewi Anggraini Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • H Hariyatmi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA disebabkan oleh rendahnya kemampuan bernalar siswa, hal tersebut dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang tepat serta aspek kognitif dan karakteristik siswa. Adanya teknologi dapat memudahkan siswa dan guru untuk mencari informasi saat proses pembelajaran. Pembelajaran IPA membutuhkan model yang tepat pada saat proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang tepat diterapkan yaitu model pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil belajar IPA siswa kelas VIII menggunakan model pembelajaran blended learning di masa pandemic. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas blended learning rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada nilai pretest 80.89, nilai posttest 77.32, dan nilai NGain rata-rata 46.82. Pada kelas tanpa blended learning memiliki ratarata nilai pretest 52.67, nilai posttest 61.07 dan nilai NGain 16.30. Hasil uji hipotesis pada nilai posttest mendapatkan nilai signifikasi pada tabel sebesar 0.001 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima bahwa hasil pada nilai post terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas dengan model pembelajaran blended learning dengan kelas tanpa blended learning pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Hasil uji NGain menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan blended learning memiliki peningkatan hasil belajar nilai pretest ke posttest yang lebih tinggi dibandingkan kelas tanpa model pembelajaran blended learning dengan pembelajaran online. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning lebih efektif diterapkan pada pembelajaran IPA kelas VIII dibandingkan pembelajaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15