Deskripsi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwantoro Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Anandira Rahmadatulloh Anwari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Annur Indra Kusumadani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemic COVID-19 penyesuaian aturan pertemuan tatap muka terbatas dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan serta keselamatan warga sekolah sebagai prioritas utama dilaksanakan pada satuan pendidikan yang berada pada PPKM level 1 atau 2. Kabupaten Wonogiri termasuk dalam wilayah PPKM level 2 dimana salah satu sekolah yang menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas adalah SMP Negeri 1 Purwantoro. Ditinjau dari nilai Ujian Nasional tahun 2019 pada mata pelajaran IPA rerata se-Kabupaten Wonogiri mencapai angka 57,32 dan SMP Negeri 1 Purwantoro mencapai angka 72,7 sehingga dapat dikatakan SMP Negeri 1 Purwantoro memiliki nilai yang tinggi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Mata Pelajaran IPA Ditinjau Dari Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwantoro Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan instrumen wawancara, test, observasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 65 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwantoro. Hasil penelitian diperoleh siswa yang tuntas belajar sebesar 52,30 % termasuk kategori cukup sehingga secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mempengaruhi rendahnya ketuntasan belajar saat pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) adalah terbatasnya jadwal pertemuan sehingga interaksi antara siswa dengan guru berkurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-15