Kelayakan Unit Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia berbasis Guided Inquiry Laboratory (GIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan unit pembelajaran sistem pencernaan manusia berbasis Guided Inquiry Laboratory (GIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa yang layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 8 Surakarta. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan prosedur pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Pengembangan unit pembelajaran sistem pencernaan manusia ditinjau berdasarkan kelayakan bahan ajar yang dievaluasi atau divalidasi oleh para ahli (expert judgment) dengan minimal pendidikan S3/Doktor pada bidang terkait.. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi yang berorientasi pada sintaks model pembelajaran GIL dan aspek keterampilan berpikir kreatif. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh meliputi hasil validasi kelayakan bahan ajar berdasarkan penilaian para ahli yaitu ahli materi 93,13% dengan kategori sangat baik, ahli instrumen dan evaluasi pembelajaran 91,36% dengan kategori sangat baik, ahli media 86,04% dengan kategori sangat baik, dan komponen ahli bahasa 87,50% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan unit pembelajaran dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas VIII SMP.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Herning Nurdiana, S Sajidan, M Maridi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.