Inovasi Pengembangan Konten Virtual Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Biologi pada Learning Management System
Abstract
Pembelajaran berbasis e-learning di Universitas Muhammadiyah Purwokerto berfokus pada perubahan paradigma strategi pembelajaran dari teacher-centered menjadi learner-centered memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penerapan e-learning bukan sekedar memindahkan materi ajar (slide, teks, atau video) ke dalam situs e-learning, namun perubahan proses belajar-mengajar reguler ke proses belajar-mengajar secara online. Perubahan proses tersebut mempertimbangkan cakupan bahan ajar yang sesuai, aktivitas interaktif, penilaian partisipasi, diskusi kelas, dan interaktivitas lain seoptimal mungkin. Portal E-Learning Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dikembangkan menggunakan platform Learning Management System (LMS) Moodle yang dapat diakses melalui alamat http://onclass.ump.ac.id. Pembelajaran berbasis e-learning yang diterapkan pada mata kuliah strategi pembelajaran biologi disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) di setiap topik pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode Case Study (CS), Project based learning, dan Small Group Discussion (SGD). Adapun desain konten virtual yang dikembangkan terdapat dalam Rancangan Konten Pembelajaran E-learning. Tujuan penelitan ini adalah mengembangan konten kelas virtual mata kuliah strategi pembelajaran biologi pada learning management system yang meliputi: metode pembelajaran, alur pembelajaran, serta bentuk konten virtual.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mufida Nofiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.